Perayaan Syukur Ulang Tahun Berdiri Biara OSF Poncol ke-90.

Tuhan yang Memberi Daya

Semboyan Deus Providebit (Tuhan akan menyelenggarakan) adalah semangat yang menjiwai para suster Kongregasi Suster-suster St. Fransiskus dari Tobat dan Cinta Kasih Kristiani, yang lebih dikenal dengan nama Suster OSF Semarang.

Sejak kedatangan para suster missionaris ke Indonesia, karya para suster semakin bertumbuh dan berkembang, diiringi dengan semakin banyaknya Biara yang didirikan untuk menjawab kebutuhan umat pada zamannya. Salah satunya adalah Biara Hati Kudus Yesus Semarang yang telah berdiri sejak 90 tahun silam, tepatnya pada tangggal 21 Juli 1931.

Rangkaian Syukur

Meski dunia masih dilanda pandemi Covid-19, rasa syukur dan kebahagiaan para suster tak turut hanyut dalam pergulatan masa-masa yang sulit ini. Apalagi saat perayaan ini jatuh pada tanggal 21 Juli 2021, masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sedang diberlakukan demi membendung laju kenaikan angka positif virus corona atau Covid-19. Semua rasa syukur haruslah tetap mengalir meski beberapa rencana rangkaian acara harus dibatalkan.

Menjelang hari-H perayaan, para suster membagikan souvenir kepada para karyawan biara dan segenap pihak yang terlibat dalam karya yang dikelola para suster di kompleks biara ini.

Mengawali hari perayaan, para suster yang bertempat tinggal di Biara Hati Kudus Yesus Semarang mengadakan Ibadat Syukur 90 tahun berdirinya biara.

Para karyawan biara, para guru dan segenap pihak yang terlibat dalam perjalanan dan pelayanan para suster turut bersukacita atas peristiwa bersejarah ini. Banyak ucapan selamat, doa, dan harapan yang mereka sampaikan secara online atas Ulang Tahun Berdiri Biara ke-90.

Perayaan Ekaristi Syukur

Pada pukul 18.00 WIB, para suster mengikuti Perayaan Ekaristi Syukur secara daring melalui channel Youtube Komsos Katedral Semarang. Perayaan Ekaristi ini dipimpin oleh Pastor Paroki Santa Maria Ratu Rosario Suci Katedral Semarang Romo Herman Yoseph Singgih Sutoro. Pr sebagai selebran utama, didampingi Romo Yoseph Didik Mardiyanto, Pr serta Romo Gerardus Djoko Surawidjaja, Pr.

Hingga saat ini, biara yang berada di Jl. Pemuda-Semarang telah menjadi saksi pasang surutnya perjalanan misi dan karya para suster OSF di kompleks ini. Semua ini telah dimulai bersama Allah yang Mahabaik, maka Ia yang Mahabaik akan menyelenggarakan yang terbaik. Di biara inilah Dia senantiasa hadir menyegarkan hidup rohani dan jasmani para suster. Untuk kemudian dapat memancarkan kelembutan kasih hati-Nya Yang Mahakudus dalam hidup doa dan pengabdian para suster setiap hari. Deus Providebit, Tuhan Menyelenggarakan.

Penulis : Sr. Paschaline, OSF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

You cannot copy content of this page