Hari Kemerdekaan Di Susteran OSF Muntilan

Menteri pagi bersinar cerah saat kami, 14 suster OSF komunitas Muntilan berkumpul di halaman depan biara. Beberapa tampak tengah sibuk menyiapkan diri, terdengar canda tawa riang yang menambah semarak suasana.

Berawal dari obrolan singkat di meja makan yang kemudian ditanggapi secara serius. Tahun ini kami memilih cara yang sedikit berbeda dalam merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), yaitu dengan mengadakan upacara bendera (khusus bagi anggota komunitas) secara offline.

Pukul 07.55, Sr. Pia, OSF selaku petugas pembaca protokol upacara mengumumkan bahwa upacara akan segera dimulai. Para susterpun bergegas membentuk barisan sesuai dengan tugas masing-masing. Suasana santai seketika berubah menjadi serius.

Dalam amanat, Sr. M. Anastasia, OSF selaku Pembina upacara mengutip kembali tema HUT RI ke -76 “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Beliau mengatakan, “Indonesia, ya kita ini para Suster OSF termasuk di dalamnya, jika kita tangguh dalam iman dan imun maka kita telah turut berpartisipasi dalam pertumbuhan bangsa Indonesia. Maka kita menjadi  100% Katolik 100% Indonesia.

Upacara berlangsung dengan sederhana tetapi tidak mengurangi kehikmatan dan rasa syukur kami. Seusai upacara, para suster menyanyikan lagu kebangsaan dan menari tobelo sebagai wujud rasa syukur, suka cita dan persaudaraan.

Merdeka!

Upacara pada hari Kemerdekaan Indonesia di Komunitas Muntilan (17 Agustus 2021)
Seusai Upacara Bendeha, para Suster menari tobelo sebagai wujud rasa syukur, suka cita dan persaudaraan.

Penulis : Sr. Editha, OSF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

SEJENAK HENINGSEJENAK HENING

HARI MINGGU BIASA KE XIV Injil  Matius 11: 25-30 Ajakan Juru Selamat 25 Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau

You cannot copy content of this page